Menu Tutup

Sepenggal Sejarah Berdirinya IPNU

Logo IPNU (sumber : 237 Design)

Apa itu IPNU? IPNU atau Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama adalah salah satu organisasi di bawah naungan Jamiyyah Nahdlatul Ulama, tempat berhimpun, wadah komunikasi, wadah aktualisasi, dan wadah yang merupakan bagian intergal dan berpotensi generasi muda indonesia utuh. 

IPNU berdiri pada tanggal 24 Febuari 1954 di semarang atau bertepatan pada tanggal 20 jumadil akhir 1373 H. Yaitu pada konbes LP Ma’arif NU, pada saat itu pendiri IPNU adalah M. Shufya Cholil ( Mahasiswa UGM), H. Musthafa ( solo), dan Abdul Ghony Farida( semarang). Dengan tujuan terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan serta tanggung jawab atas tegak dan terlaksanya syari’at islam menurut faham ahlussunnah wal jama’ah yang berdasarkan pancasila dan undang undang dasar 1945.

IPNU merupakan organisasi terbesar anggotanya diseluruh nusantara dengan jumlah 5,6 juta berbasis pelajar, mahasiswa dan santri. Dan IPNU berkomiten untuk menjadi organisasi kepelajaran dengan prinsip belajar, bertujuan serta bertaqwa.

Pada masa awal berdirinya organisasi IPNU ditahun 1954 dimana organisasi ini dipimpin oleh KH. Tolchah Mansoer, yang mana IPNU dibentuk bermaksud untuk menyatukan organisasi-organisasi pelajar dibawah naungan NU, namun pada saat itu, sudah bermunculan beberapa organisasi pelajar diberbagai daerah, dan masih berjuang secara sendiri-sendiri tanpa mengeal satu sama lain. Seperti tsamarotul mustafidin, PERSANOE,IMNU,PARPENO,IPINU. Organisasi ini hanya bersifat lokal, organisasi-organisasi tersebut belum bisa menjadi alat konsilodasi pelajar secara nasional, sebab masih memberikan ruang senjang antara para pelajar yang berasal pesantren,madrasah dan sekolah umum baik negri maupun swasta.

Dengan kegelisahan tersebut bertaut dengan fakta bahwa organisasi pelajar NU saat itu hanya bersifat kedaerahan. Oleh karena kegelisahan inilah kesadaran pentingnya pembentukan organisasi pelajar NU untuk mendirikan suatu organisasi yang bisa mengayomi seluruh peljar umum khususnya para pelajar pesantren yang bersifat nasional. Setelah didiskusikan secara matng, gagasan perintisan organisasi pelajar NU selanjutnya dibawa pada Konferensi Besar LP. Ma’arif di semarang pada febuari tahun 1954 dan sampai sekarang yang dinamakan dengan IPNU(Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama).

Penulis : Saryatin (Kader IPNU Kecamatan Bandar)
Editor : Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *