Menu Tutup

Siapkan Kader Kedepan, PAC Bandar Selenggarakan Diklatama dan Lakmud ke 4

Upacara pembukaan LAKMUD dan DIKLATAMA PAC IPNU & IPPNU Kecamatan Bandar

Bandar, pelajarnubatang.or.id
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul ulama (IPPNU) Kecamatan Bandar gelar Latihan Kader Muda (Lakmud) serta Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Pertama IV (Diklatama) secara bersamaan Jum’at (8/10).

Bertempat di Desa Toso, Kecamatan Bandar. Dua kegiatan besar ini dilaksanakan secara bersamaan selama 3 hari dan diikuti oleh 42 peserta Lakmud dan 46 peserta Diklatama

Meskipun bertempat di wilayah yang sama, kegiatan Lakmud dan Diklatama IV diselenggarakan ditempat yang berbeda. Latihan Kader Muda (Lakmud) bertempat di gedung olahraga (GOR) Desa Toso, sedangkan Diklatama di Madaras Ibtidaiyah Islamiyah (MII) Desa Toso jarak lokasi kedua kegiatan sekitar 300 meter.

Dengan mengangkat tema ”LAKMUD sebagai ikhtiyar kaderisasi mencetak kader militant yang progresif berlandaskan ahlussunah wal jamaah”, peserta benar-benar dipersiapkan agar mampu menjadi kader nahdatul ulama yang memiliki bekal cukup untuk berorganisasi maupun dalam mengembangkan diri masing-masing peserta.

Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Pertama IV (Diklatama) dilaksanakan bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyyah (MII) Desa Toso. Peserta Diklatama terdiri dari 23 putra dan 23 putri yang berasal dari kecamatan Bandar dan beberapa kecamatan disekitarnya seperti Kandeman, Pecalungan, dan Talun Pekalongan. Selain itu, perwakilan PAC kecamatan Weleri, Kendal juga ikut berpartisipasi dengan mengirimkan 5 orang peserta. Konsep kegiatan terdiri dari kegiatan indoor dan outdoor.

Kegiatan indoor berupa pemberian materi yang tidak jauh seperti materi Lakmud. Sedangkan kegiatan outdoor diperuntukkan untuk materi yang membutuhkan praktek lapangan seperti SAR dan PBB.

Menjunjung tema “Mencetak kader CBP dan KPP yang militan, progresif dan berdedikasi terhadap organisasi” seluruh kegiatan difokuskan untuk membentuk pribadi yang disiplin,cerdas,dan tanggap,serta memiliki jiwa solidaritas yang tinggi.

“Kami harap apa yang kalian dapatkan disini tidak hanya diterapkan selama kegiatan,melainkan juga melekat pada kebiasaan kalian sehari-hari. Sebagai garda terdepan,kita harus bisa menjadi pribadi yang disiplin dan tegas” tutur Komandan Subhi Eko Saputro selaku salah satu instruktur Diklatama.

Ketua PAC IPPNU kecamatan Bandar, Lies Naeni menyampaikan kedua kegiatan ini sebagai bentuk ikhtiyar meningkatkan kapasitas kader dalam IPNU dan IPPNU.
“Lakmud dan Diklatama ini merupakan bentuk wadah yang disiapkan oleh PAC untuk meningkatkan kapasitas kader dalam organisasi, selain itu ini merupakan kewajiban kami secara organisasi untuk melakukan kaderisasi guna menyiapkan insan insan baru yang berkapasitas untuk melanjutkan estafet organisasi” tutus Elis sapaan akrab beliau.

“Lakmud dan Diklat keduanya sama sama penting karena cbp dan kpp sebagai garda terdepan pejar NU juga haryus sama sama mendapatkann ruang peningkatan kapasitas seperti pengkaderan lainya” Lanjut Elis

Seluruh rangkaian kegiatan Lakmud maupun Diklatama IV dapat berjalan lancar yang ditutup dengan upacara indoor di gedung olahraga desa Toso pukul 13.30 disertai pengumuman kelulusan peserta Diklatama IV tanpa terkecuali.

Respon dari tokoh maupun masyarakat desa Toso pun sangat baik,seperti menyediakan tempat mck peserta, fasilitas ibadah, dan sebagainya. Langkah awal ini diharapkan dapat menjadi tonggak dalam mempersiapkan para kader muda Nahdlatul ulama yang kompeten.

Pewarta : Nunung
Editor : Hafedz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *